•           

  •          Animated Pictures Myspace Comments


  • Statistik Blog ini

    • 602,108 Kali
  • Tentang Blog Ini

              TopOfBlogs
            
             My BlogCatalog BlogRank
             PageRank Checking Icon
          
          
            Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
        


       
             
       
  • Tentang Anda

             Free Hit Counters
        IP
    free counters
  •    Top Blogs            server monitor
               
               Blog directory
               Blog directory
              
              Page copy protected against 
web site content infringement by Copyscape
    Add to Technorati Favorites

Multifungsi Teknologi GPS

Memudahkan Segala Macam Pekerjaan, itulah salah satu kelebihan dari sebuah teknologi. Apalagi saat ini teknologi sudah berkembang semakin cepat. Jika dahulu kita hanya mengenal peta dan kompas sebagai penunjuk arah, saat ini segalanya lebih mudah dengan teknologi GPS.

Teknologi GPS (Global Positioning System) adalah teknologi berupa penentu posisi secara global. Teknologi ini berupa sistem navigasi yang berbasis satelit. oleh karena itu GPS bisa memberikan informasi posisi dan waktu dengan ketelitian yang sangat tinggi.

Pada awal teknologi GPS mulai dikembangkan tahun 70-an oleh pihak militer Amerika Serikat melalui departemen pertahanan yang digunakan untuk kepentingan militer.

Saat ini teknologi GPS dapat dinikmati memalui Ponsel. Teknologi GPS dalam ponsel berfungsi sebagai alat navigasi, hanya dengan ponsel barteknologi GPS anda tidak perlu khawatir tersesat di perjalanan.

selain itu ada juga alat khusus GPS yang dapat dipasang dikendaraan sebagai alat navigasi. pada prinsipnya alat ini bekerja seperti koran penunjuk arah Kompas.
selain itu separti pada fungsi awal GPS pun dipergunakan untuk keperluan militer seperti mengetahui dimana posisi pasukan berada, dengan bantuan teknologi GPS, militer akan tarhindar dari kemungkinan salah menyerang target dan akan lebih mudah dalam menetukan pergerakan pasukan militer.

Teknologi GPS pun dapat digunakan sebagai pelacak kendaraan, dengan alat ini kita dapat mengetahui dimana lokasi kendaraan kita saat ini tentunya dengan syarat kendaraan kita sudah dilengkapi dengan Navigasi AVL (Automatic Vehicle Location) yang menggunakan alat GPS.

Dalam Sisitem Informasi Geografis GPS sering diikut sertakan dalam pembuatan peta, seperti mengukur jarak perbatasan atau pun referensi pengukuran dengan titik koordinat. Bahkan saat ini GPS dengan ketelitian yang tinggi dapat digunakan untuk memantau pergerakan tanah. Dengan pemantauan pergerakan tanah berguna untuk memperkirakan terjadinya gempa, baik itu pergerakan vukanik ataupun tektonik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: