•           

  •          Animated Pictures Myspace Comments


  • Statistik Blog ini

    • 601,911 Kali
  • Tentang Blog Ini

              TopOfBlogs
            
             My BlogCatalog BlogRank
             PageRank Checking Icon
          
          
            Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
        


       
             
       
  • Tentang Anda

             Free Hit Counters
        IP
    free counters
  •    Top Blogs            server monitor
               
               Blog directory
               Blog directory
              
              Page copy protected against 
web site content infringement by Copyscape
    Add to Technorati Favorites

Tarif Internet Turun 20-80%

Tarif InternetTarif internet secara nasional saat ini kian terjangkau oleh segala lapisan masyarakat, karena beberapa operator sebagai Internet Service Provider/ISP pada tahun ini sudah beramai-ramai menurunkan tarif tersebut berkisar antara 20-80%.

“Penurunan tarif internet yang mereka berlakukan antara 20-80%, saya rasa sudah cukup memudahkan pengguna jasa internet di negeri ini, sehingga mereka tak perlu menagih janji pemerintah untuk menurunkan tarif,” kata Menteri Komunikasi dan Informasi RI, Mohammad Nuh, di Surabaya, Jumat.

Menurut dia, kini beberapa operator telekomunikasi memang sudah menurunkan tarif internet. Ke depan, masyarakat tak kesulitan mengakses berbagai informasi lewat internet. Operator yang sudah menurunkan tarif internet di antaranya PT Telkom, Indosat, dan Exelcomindo.

“Untuk Telkom, penurunan tarifnya antara 30-40%. Indosat memberlakukan penurunan sekitar 20% dan Exelcomindo antara 20-80%. Kami akui, besaran penurunannya tergantung dari kebijakan masing-masing ISP,” katanya.

Mengenai detail nominal penurunan tarif internet itu, pihaknya mengaku tak hafal secara pasti. Apalagi, penurunan tarifnya bergantung kepada besar kecepatan internet yang tersedia.

“Itu semua kan tergantung berapa kilo bit per second/kbps yang tersedia. Tentu saja, untuk yang kecepatan 64 kbps, 124 kpbs atau 512 kbps, tarifnya berbeda,” katanya.

Ia melanjutkan, penurunan tarif internet itu adalah upaya mengakrabkan masyarakat dengan dunia internet. Terkait dengan janji pemerintah yang akan menurunkan tarif pada Mei ini, pihaknya menyebut jika para ISP sudah mulai menurunkannya sejak beberapa bulan lalu.

“Seingat saya, penurunannya sudah dilakukan beberapa bulan lalu. Kemungkinan, sudah berjalan sekitar dua-tiga bulan ini dan sekarang mulai terlihat hasilnya,” katanya.

Terkait sosialisasi, tambah dia, hal itu penting untuk dilakukan, sehingga masyarakat mengetahui dan bisa memanfaatkannya secara intensif. Namun, sosialisasi itu ia serahkan kepada masing-masing operator.

“Sosialisasi memang lebih tepat dilakukan operator. Bahkan, semakin gencar promosi mereka, masyarakat segera mengetahuinya,” katanya.

Sebelumnya, ia memastikan tarif internet nasional akan diturunkan usai Pemilu Legislatif pada 9 April dan diundur Mei ini. Tujuannya, menghindari kesan politisasi kebijakan yang ditujukan untuk memperbesar akses masyarakat akan informasi itu.

“Namun, saya belum memastikan tanggal berapa pengumuman resmi soal penurunan tarif internet itu akan dilakukan,” katanya.

Di sisi lain, terkait adanya gugatan dari penyelenggara content online dan seluler melalui Indonesia Mobile and Online Content Provider Association/IMOCA sesuai PerMenkominfo Nomer 01/2009 tentang SMS/MMS Premium, pihaknya tidak khawatir.

“Tiap kebijakan pemerintah sifatnya selalu terbuka. Apabila, ada masyarakat yang tak puas dengan kebijakan itu silakan mengajukan ke Pengadilan Tata Usaha Negara atau Pengadilan Negeri,” katanya.

Di tempat lain, “President Director” PT Exelcomindo Pratama Tbk, Hasnul Suhaimi, mengakui, sudah menurunkan tarif internet. Penurunan ini berlaku untuk paket maupun tanpa paket.

“Untuk yang paket, penurunan mencapai 80%, sedangkan tanpa paket turun 20%. Tarif awalnya Rp10/kbps, setelah itu turun Rp5/kbps, dan sekarang menjadi Rp2/kbps,” katanya.

Sumber : Exelcomindo,Kapanlagi.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: