•           

  •          Animated Pictures Myspace Comments


  • Statistik Blog ini

    • 602,111 Kali
  • Tentang Blog Ini

              TopOfBlogs
            
             My BlogCatalog BlogRank
             PageRank Checking Icon
          
          
            Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
        


       
             
       
  • Tentang Anda

             Free Hit Counters
        IP
    free counters
  •    Top Blogs            server monitor
               
               Blog directory
               Blog directory
              
              Page copy protected against 
web site content infringement by Copyscape
    Add to Technorati Favorites

PP IPTEK TMII Punya Teleskop Canggih

WWteleskopMicrosoft menunjukkan komitmennya untuk membantu perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia, salah satunya dengan memberikan alat peraga berupa world wide telescope (WWT).

WWT yang terletak di Pusat Peraga IPTEK Taman Mini Indonesia Indah (PP IPTEK TMII) Ini merupakan WWT kedua yang telah dihibahkan Microsoft kepada Indonesia. Sebelumnya, Microsoft juga telah memberikan WWT ke Observatorium Boscha di Bandung.

“Alasan kami memilih menempatkan WWT di PP-IPTEK TMII setelah di Observatorium Bosscha karena letak PP-IPTEK sangat strategis dan bisa memperkenalkan teknologi IPTEK kepada lebih dari 1000 pengunjung per hari terutama anak-anak. Walaupun alat peraga di PP-IPTEK cukup lengkap, namun peragaan teknologi software masih sangat minim, selain itu WWT juga bisa mengoptimalkan fasilitas astronomi yang ada di PP IPTEK,” ujar National Technology Officer PT Microsoft Indonesia Tony Seno Hartono, melalui keterangannya, Rabu (11/6/2009).

Fasilitas peraga yang tersedia di Pusat Peragaan IPTEK – TMII ini merupakan sumber informasi baru bagi pengunjung PP-IPTEK yang kebanyakan adalah kaum awam seperti pelajar dan masyarakat umum melalui komputer berlayar lebar. Fasilitas ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pemahaman dan ketertarikan masyarakat umum terhadap dunia astronomi dan sains.

WorldWide Telescope adalah aplikasi piranti lunak berbasis web yang memuat gambar-gambar objek luar angkasa beresolusi tinggi hasil pantauan teleskop terbaik dari teleskop yang ada di permukaan bumi dan luar angkasa.

WorldWide Telescope merupakan kombinasi antara piranti lunak dan layanan Web 2.0 yang diciptakan dengan menggunakan Microsoft High-Performance Visual Experience Engine. Teknologi ini memungkinkan kita memperbesar atau menggeser setiap gambar dengan sangat mudah. Teknologi ini merajut jutaan foto-foto seputar alam semesta dan ditampilkan dalam bentuk tiga dimensi yang membuat pengamat seolah-olah terbang di dalam tata surya, galaksi dan seterusnya.

Dalam tour luar angkasa yang tersedia di WorldWide Telescope memungkinkan pengunjung belajar astronomi dari para astronom dan pendidik dari universitas-universitas dan planetarium terkenal di dunia dengan format multimedia yang bisa diunduh.

Dengan aplikasi ini, pengunjung bahkan bisa memilih jenis teleskop apa saja yang ingin digunakan, mulai dari teleskop angkasa Hubble, pusat observatorium sinar-X Chandra, teleskop satelit Spitzer atau yang lainnya. Selain itu pengunjung juga dapat melihat posisi planet di masa yang lalu, sekarang, atau masa depan. Bahkan kita bisa melihat bagian-bagian yang tidak terlihat mata manusia dari galaksi-galaksi yang tersebar di angkasa. Misalnya untuk melihat sisa-sisa ledakan supernova yang terjadi ribuan tahun yang lalu. Kemudahan – kemudahan ini akan merevolusi cara kita melihat alam semesta.

Microsoft telah menjalin kerjasama yang erat dengan komunitas akademisi, ilmuwan, NASA dan beberapa organisasi lain untuk menciptakan aplikasi yang dapat dinikmati secara gratis oleh siapapun dengan cara mengunduhnya di situs resmi world wide telescope.

Sumber Okezone

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: